Recipe: Delicious Roti Abon Sosis - Floss Sausage Bread

Roti Abon Sosis - Floss Sausage Bread.

Roti Abon Sosis - Floss Sausage Bread You can have Roti Abon Sosis - Floss Sausage Bread using 15 ingredients and 7 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Roti Abon Sosis - Floss Sausage Bread

  1. You need of Bahan Kering :.
  2. It's 175 gr of Tepung protein tinggi (aku pakai Kabuki kali ini).
  3. You need 50 gr of Tepung serbaguna (aku pakai Fuji).
  4. You need 10 gr of Susu Bubuk.
  5. Prepare 1 gr of Bread Improver.
  6. You need 55 gr of Castor Sugar (gula butiran halus).
  7. It's 5 gr of Ragi.
  8. You need of 5 gr Garam Halus.
  9. Prepare of Bahan Basah :.
  10. Prepare 120 ml of Susu Cair (bisa kurang bisa lebih).
  11. Prepare 1 btr of Kuning Telur.
  12. You need 50 gr of butter (saya campur sama margarin).
  13. It's of Bahan Olesan :.
  14. It's 1 btr of Kuning Telur + 2 sdm Susu Cair (sebelum dioven).
  15. Prepare of Butter (setelah dioven biar kinclong).

Roti Abon Sosis - Floss Sausage Bread step by step

  1. Masukkan semua bahan A kecuali garam, aduk perlahan sampai rata (bisa pakai spatula ataupun mixer dengan kecepatan rendah selama 1 menit).
  2. Masukkan kuning telur aduk perlahan kemudian tuangkan susu cair secara perlahan (jangan sekaligus sambil diperhatikan jangan sampai kebanyakan karena nanti akan susah kalis) kalau adonan sudah 1/2 kalis (tidak menempel di wadah) boleh masukkan garam dan butter (mulai mixer dengan kecepatan sedang, saya pakai mixer Phillip di kecepatan 3).
  3. Setelah 5 menit istirahatkan mixer sebentar sambil kita ulen menggunakan tangan selama 2 menit, lanjut mixer lagi dengan kecepatan sedang selama 5 menit, setelah itu ulen lagi pakai tangan selama 2 menit dan kemudian mixer lagi dengan speed 4 selama (3-5menit).Lihat apakah sudah kalis, apabila belum, lanjut mixer dengan kecepatan rendah - sedang). Harus sampai kalis ya (ciri2nya adonan tidak lengket di wadah, halus dan elastis, ketika ditarik perlahan tidak akan robek).
  4. Setelah kalis, bisa mulai proofing. Istirahatkan adonan selama 50-60menit sampai adonan mengembang 2x lipat (ingat tutup dengan kain ya).
  5. Keluarkan udara dalam adonan (caranya tekan adonan dengan jari telunjuk di bagian tengah kemudian ambil adonan) ulenin sebentar saja dan timbang adonan masing2 50gr, bulatkan dan istirahatkan adonan selama 15 menit (selalu tutup adonan dengan kain atau apapun ketika mengistirahatkan adonan).
  6. Kreasikan adonan sekarepmu (kali ini saya rolling memanjang, bagian atas saya kasih sosis mini dan abon terakhir saya kasih campuran mayonaise+susu kental manis dan bagian bawahnya saya potong memanjang beberapa bagian baru dilipat, saya ga sempat foto karena sekalian bikin roti abon, nanti bikin lagi saya fotoin stepnya) dan proofing terakhir istirahatkan lagi adonan sampai mengembang 2x lipat (kira2 35-45menit) NOTE : Bentuk adonan taburi dengan tepung dulu ya (tapi jangan banyak2).
  7. Panggan di oven api atas bawah di 175 derajat (selama 20menit) sebentar2 dilihat ya karena tiap pven beda2, kalau sudah matang boleh diangkat dan dioleskan butter. Yummy banget..

More Articles

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Recipe: Delicious Roti Abon Sosis - Floss Sausage Bread"

Posting Komentar